Sabtu, 14 Desember 2013

cara mencegah banjir dan beberapa bencana yang datang dari ulah manusia



 

pada kali ini saya akan memberikan sedikit cara mencegah banjir dan bencana alam lainnya yang datang dari ulah manusia, kenapa saya membuat artikel ini?, karena seperti yang kita tahu bersama di beberapa daerah di indonesia sudah menjadi langganan banjir, meskipun daerah saya masih bebas banjir hingga saat ini :D, oke langsung saja baca yang dibawah ini :



  1. buanglah sampah pada tempatnya, langkah ini memang perlu kesadaran dari kita semua, bahkan ketika tempat sampah hanya berjarak beberapa meter saja dari tempat kita, masih ada yang berat kakinya untuk membuang ke tempatnya
  2. jangannlah kita menebang pohon-pohon di hutan dan dibantaran sungai karena pohon berperan penting bagi kehidupan ini terutama pencegahan banjir, sebenarnya kita boleh menebang pohon asalkan jangan berlebihan
  3. lakukanlah reboisasi/penanaman kembali pada hutan dan bantaran sungai agar hutan dan sungai  yang gundul kembali hijau, apa lagi di atas bukit sangat di perlukan pohon terutama pohon berakar tunggang untuk menahan tanah longsor
  4. jangannlah membangun rumah di tepi sungai karena dapat mempersempit sungai karena sampah rumah tangga juga akan masuk sungai
  5. kali ini saya tidak tahu apakah apakah pembaca setuju atau tidak kalau saya sih setuju, yaitu hentikan pembangunan gedung-gedung tinggi dan besar karena itu akan membuat bumi kesayangan kita ini akan semakin sulit untuk menahan bebannya dan membuat permukaan tanah turun, itu bahaya lo!!
  6. dan yang terkhir ini sekedar pesan yaitu: sebenarnya pemerintah telah menyediakan tempat pembuangan sampah tapi kita sebagai masyarakat masih belum sadar untuk membuang sampah pada tempatnya,, apalagi ironisnya saya pernah melihat tempat sampah di jadikan untuk main bola "haduuh",
 jadi jangan selalu menyalahkan pemerintah ya, kita intropeksi diri dulu apabila pemerintah memang tidak meperhatikan, saya pun mendukung untuk menyalahkan pemerintah "hehehe"

oh iya satu lagi kurangilah pembangunan rumah kaca,penggunaan Ac, parfum semprot dan lain lain, karena dapat membuat lapisan ozon menipis dan pemanasan global,, kita sekarang sudah merasakan efek pemanasan global seperti makin hari makin panas, ES di kutub selatan sudah mulai mencair dan masih banyak efek lainnya

saya harap para pembaca semua sadar, kita harus menjaga bumi kita ini

0 komentar:

Posting Komentar

 
;