Mau
upgrade performa skutik tanpa bore up? "Trik paling diminati adalah
meniru teknik upgrade performa pada motor jenis bebek,” ujar Ditto Watt,
mekanik bengkel 5758 Motorcycle di Jl. Samoja, Kosambi, Bandung.
Untuk urusan upgrade tanpa bore-up, biasanya pengerjaan lebih banyak
terkonsentrasi pada silinder head. Kelar bagian atas, baru setingan
menjalar ke bagian lain. Mau tau lengkapnya?
Roller
Menurunkan bobot roller jadi langkah untuk menyelaraskan setingan
upgrade performa non bore-up yang sudah dibuat. Enggak perlu terlalu
banyak penurunan bobot roller-nya. Cukup lebih ringan 2 gram dari roller
standar bawaan skutik
Noken As
Buka tutup klep juga mesti disesuaikan. Untuk hal tersebut, langkah
paling mudah adalah dengan mengganti noken as standar dengan yang
racing. “Itu rumus sederhana bagi mereka yang pakai Yamaha Mio. Buat
pengguna Honda BeAT, treatment-nya bisa lebih sederhana lagi,” jelas
Ditto.
Masih kata Ditto, cukup setel ulang kerenggangan klep. Dengan fuller
gauge, setting ulang klep inlet pada angka 0,15-0,20 mm dan bagian
exhaust dibikin rapat (0,07-0,1 mm).
Porting
Dalam kondisi yang masih standar dinding pada lubang inlet maupun
exhaust, teksturnya seperti kulit jeruk. Oleh mekanik hal tersebut
dianggap sebagai penghambat alur gas masuk maupun keluar.
Supaya proses masuknya bahan bakar ke ruang bakar dan proses keluarnya
jadi lancar, bagian tersebut mesti dibuat halus dan rata. Untuk proses
menghaluskan dan meratakan, biasanya mekanik melakukan teknik porting
Knalpot
Dengan metode non bore-up untuk upgrade performa skutik, enggak
mengharuskan pakai knalpot racing. Namun agar proses pembuangannya lebih
lancar, knalpot bawaan motor mesti dimodifikasi. “Bila enggak mau
knalpot standar pabrik yang diobok-obok, bisa juga dilakukan ganti
knalpot aftermarket yang standar bobok,” kata ayah 1 anak itu.
Spuyer
Seting ulang spuyer, tergantung dengan keinginan dari si pengguna skutik
tersebut. Bila masih ingin mempertahankan penggunaan filter udara, maka
setingan spuyernya dibuat kering. Tapi bila maunya open filter, mau
tidak mau perbandingan spuyernya dibuat basah. “Soal berapa angka ukuran
spuyernya, mesti trial and error. Enggak bisa 1 perbandingan main jet
dan pilot jet, bisa dipakai pada semua skutik,” terang Ditto.
Kompresi
Meningkatkan rasio kompresi pada mesin skutik, akan membuat power
meningkat. Begitu gas dibuka, peningkatan mesin skutik yang perbandingan
kompresinya dinaikkan terasa dari rpm bawah sampai atas. “Buat Yamaha
Mio yang pistonnya cekung, cara menaikkan kompresinya bisa dengan
melakukan papas silinder head. Enggak usah banyak-banyak, untuk skutik
harian cukup 1-1,5 mm saja,” terang Ditto.
Sementara itu buat pengguna Honda BeAT, untuk menaikkan rasio kompresi
bisa dengan mengganti piston. Cukup masukkan piston Honda Vario yang
berkubah jenong
sumber : http://ivanivanivaan.blogspot.com/2012/09/tips-skutik-biar-kenceng-tanpa-bore-up.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar